ijtihad umar bin khattab

Perdebatan dan adu argumen antara sahabat, yang mendukung dan menentang keputusan Sang Khalifah, terus berlangsung selama beberapa hari. Sebagian sahabat bersikeras untuk membagi tanah-tanah hasil rampasan perang tersebut sesuai dengan nash-nash yang ada dan praktek yang pernah dilaksanakan oleh Rasulullah saw terhadap rampasan perang Khaibar, namun Sang Khalifah tetap tidak melakukan hal itu demi kemaslahatan kaum muslimin dimasa-masa akan datang. Hal ini seolah-olah Khalifah membedakan antara apa yang dilaksanakan Nabi saw terhadap tanah khaibar yang kecil, dengan tanah-tanah pertanian di Syam, Irak dan Mesir yang menurut Khalifah jika tanah-tanah tersebut juga dibagi seperti yang dilaksanakan oleh Rasulullah saw pada tanah Khaibar, maka akan menghilangkan kemaslahatan bagi kaum muslimin.

Pada akhirnya, Khalifah mendapatkan argumen yang tepat buat sahabat yang menentang keputusannya. Beliau mengatakan : ” Aku telah mendapatkan argumentasi buat mereka, dimana di akhir-akhir ayat Al Hasyr dinyatakan oleh Allah : ” Sesuatu (harta kekayaan) yang diberikan oleh Allah sebagai rampasan perang untuk Rasul-NYA, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan Ibnu Sabil, agar harta itu tidak berkisar saja diantara kamu… (dst sampai kalimat) ” Bagi orang-orang miskin para muhajirin yang diusir dari rumah-rumah dan harta benda mereka … (dan terus ke firman-NYA) ” dan mereka yang telah menetap di negeri (Madinah) dan beriman sebelum datang mereka (muhajirin) itu… (diakhiri dengan firman) ” dan yang datang setelah mereka itu “

Sang Khalifah berkata : ” Aku tidak melihat ayat ini melainkan meliputi semua umat manusia sampai termasuk pula penggembala di kampung KIDD “. Lalu beliau bertanya kepada mereka yang menentangnya : “Apakah kalian menghendaki datangnya generasi berikutnya tanpa mendapatkan apa-apa setelah kalian ? Lalu apa yang tersisa bagi mereka sepeninggal kalian ?” dan beliau mengatakan : ” Jika bukan karena generasi yang akan datang itu, tidaklah ada suatu negeri yang dibebaskan melainkan akan aku bagi-bagi kepada kalian sebagaimana Rasulullah saw membagi-bagikan tanah Khaybar “.

Akhirnya, mendengar penjelasan demikian, para sahabat yang tadinya menentang keputusan sang Khalifah menjadi sadar dan mendukung serta tunduk kepada apa yang telah diputuskan beliau.

Disini dapat kita lihat bahwa, tindakan Khalifah Umar bin Khattab memang telah menyimpang dari sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw, namun hal tersebut bukan berarti ingin menghapus atau meniadakan sunnah tersebut, melainkan justru berpegang teguh terhadap sunnah pada nash-nash yang lain yakni mengikuti kemaslahatan ummat. Jika Rasulullah membagi-bagikan harta rampasan perang hingga habis, itu karena zaman saat itu menghendaki demikian yakni untuk menolong orang-orang miskin muhajirin yang terusir dari tanah kelahiran mereka dan harta benda mereka (di Mekkah), dan jika Khalifah tidak membagi-bagikannya, karena pada zaman tersebut juga menghendaki tindakan itu dimana jika tanah tersebut dibagi-bagikan habis kepada para tentara yang berjuang saja, tidak kepada kemaslahatan umum, tentu tidak akan pernah ada pajak yang diterima negara, dan tentu tidak ada pula tentara-tentara yang dibiayai negara dari pajak-pajak yang diterima untuk menjaga perbatasan negeri-negeri tersebut.

Demikian tulisan saya tentang kebijakan dan kearifan pemikiran Khalifah Umar bin Khattab yang menumbulkan kontroversi di kalangan sahabat namun dengan petunjuk dan cahaya yang dipancarkan oleh Allah swt dari Al Qur’an, permasalahan tersebut dapat beliau atasi.

Semoga dapat kita petik pelajaran dari kearifan tokoh Islam ini, AMIN.

About Arminaven

islam adalah segalanya dalam kehidupanku..tiada kehidupan tanpa hidup yang islami
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s